Jumat, 12 Februari 2010

Profil Kabupaten Kolaka


Kabupaten Kolaka adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kolaka. Kabupaten ini secara geografis terletak antara 313 - 435 Lintang Selatan dan 12105 - 12199 Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Kolaka disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Wulu, disebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Buton, Sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Kendari, dan sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Bone. Luas wilayah Kabupaten Kolaka 6.918,38 Km2 yang terbagi menjadi sebelas kecamatan.

Kabupaten Kolaka memiliki hasil tambang berupa biji nikel yang banyak ditemukan di kecamatan Pomalaa. Nikel dimanfaatkan sebagai penyalut karena tahan karat dan keras. Percampuran antara nikel dengan tembaga misalnya, digunakan untuk membuat sendok dan garpu. Hasil tambang ini dikelola oleh PT Pertambangan Nikel Indonesia di-merger dengan enam perusahaan negara lainnya seperti PN Logam Mulia pada 5 Juli 1968 dan berubah menjadi PT Aneka Tambang. Selain bijih nikel, perusahaan ini juga memproduksi feronikel atau feni yang merupakan paduan logam antara nikel dan besi (fero). Bijih nikel dipasarkan ke Je-pang dan Australia. Sedangkan feronikel dalam bentuk batangan logam atau ingot dijual ke negara Jerman, Inggris, Belgia, dan Jepang. Harga jualnya berdasarkan pada harga logam internasional yang mengacu pada London Metals Exchange (LME).

Di sektor pertanian, Kabupaten Kolaka menghasilkan kakao dan tanaman perkebunan seperti merica dan cengkeh. Untuk tanaman pangan komoditi yang dihasilkan kabupaten ini adalah ubi jalar, kacang tanah, jagung, ubi kayu, kacang kedelai, kacang hijau, jagung, kacang kedelai, dan kacang hijau. Kualitas pertanian di kabupaten ini juga mulai ditingkatkan dengan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas produksi.

Lahan perkebunan kabupaten ini terdiri dari pegunungan dan bukit yang memanjang dari utara ke selatan. Jenis tanaman perkebunan rakyat yang berkembang terdiri 17 (Tujuh belas) jenis yaitu : Kelapa, Kopi, Kapuk, Lada, Asam, Pinang, Panili, Tebu, Sagu.

Di sektor peternakan, Jenis populasi ternak yang dikembangkan di Kabupaten Kolaka terdiri dari ternak sapi, Kerbau, dan Kuda sedangkan ternak kecil adalah kambing dan babi serta ternak unggas seperti ayam kampung, ayam ras, dan itik. Untuk pusat ternaknya sendiri terdapat di Kecamatan Watubangga, Ladongi, Lambandia dan Tirawuta.


Sumber Data:
Sulawesi Tenggara Dalam Angka 2007
(01-8-2007)
BPS Provinsi Sulawesi Tenggara
Jl. Made Sabara No. 3, Kendari 93111
Telp (0401) 321751
Fax (0401) 322355


Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7404

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar